Jumat, 24 Februari 2012

Suap Suapan

Tiga hari lalu, saya sama mama ke kelurahan buat ngurus e-ktp. Sebenernya sih saya males banget. Kenapa males? Lha wong mau berurusan sama birokrasi, ya males tho. Sudah terbayangkan betapa ribetnya mengurus e-ktp ini.

Awalnya, kita dateng sekitar jam 11.00. Udah rame tuh di kelurahan, orang pada ngantri buat nunggu dipanggil. Sialnya, waktu mama mau naruh berkas buat mendapat antrian, ada ibu-ibu bilang kalo kita disuruh balik lagi jam 13.00, soalnya pengumpulan berkas sudah ditutup. Walah, udah dateng malah disuruh balik lagi. Terpaksa kami pulang ke rumah.

Jam 12.30 kita udah balik lagi ke kelurahan, biar dapet antrian awal gitu maksudnya. Bukan birokrasi Indonesia namanya kalo nggak ribet bin berbau suap. Meskipun udah dateng lebih awal, kita tetep harus ngantri. Antriannya, sumpah nggak nahan. Diperparah sama pegawai kelurahan yang ngerokok, nyebul-nyebulin asap rokok seenak udel. Woy pak, nggak tau kalo ada aturan dilarang merokok di tempat umum? Ente aparatur negara soak ya? Saya yang bener-bener nggak tahan sama bau rokok mencoba nyindir si pegawai. Tempat duduk saya kebetulan nggak jauh dari meja doi. Bolak-balik deh saya batuk dan bersin dengan lebaynya. Eh, si pegawai bukannya nyadar kalo disindir, malah nyulut rokok yang baru. Kampret.

Tapi yang paling bikin bete selama pembuatan e-ktp itu adalah orang yang dateng lebih siang, gak pake antri, langsung diurus sama pegawai kelurahan. Nggak malu apa ya, ketauan kali kalo mereka itu nyuap. Menurut saya mereka itu sangat egois. Kalo mereka pake alasan sibuk jadi nggak ada waktu buat antri gitu, ya nggak adil sama yang lain kan. Emang mereka doang yang sibuk. Banyak kok karyawan yang rela izin kerja buat ngurus e-ktp secara jujur.

Parahnya lagi, orang yang melakukan tindakan tercela itu kebanyakan orang berduit dan berpendidikan tinggi. Kemana tuh semua ilmu kejujuran, anti KKN, moralitas yang kalian dapet dibangku sekolah? Percuma mereka berpangkat tinggi tapi nggak bermoral.

Saya emang nggak suci, tapi saya masih mau memerbaiki negara ini dengan mencoba berjalan di jalur yang benar meskipun itu melelahkan. Kita juga nggak bisa sepenuhnya menyalahkan orang yang nyuap sih. Mereka kayak gitu juga karena ada 'penawaran' dari pihak kelurahan. Yah, balik ke diri sendiri aja lah. Kalo kita nggak ngasih umpan, kan nggak bakal ada ikan yang terpancing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar